Labels

Absurd (5) Anything (3) Interest (4) Just saying (11) My Peak (13) Puisi (2) Travelling (17)

Friday, April 26, 2013

Kartinian Bareng Srikandi - srikandi Indonesia di TNGHS

Tanggal 21 April 2013 gue ikutan acara kartinian, ya tumben - tumbenan gue ngerayain hari kartini setelah beberapa tahun.. terakhir SMA gue ngerayainnya.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) merupakan salah satu pos jalur pendakian Gunung Salak dari beberapa jalur pendakian terletak diCidahu Sukabumi, sedangkan untuk jalur yang lain bisa melalui Curug Nangka, Cimelati curug Seribu pasir Reungit. Gunung salak memiliki beberapa puncak, diantaranya Puncak Salak I dan Puncak Salak II. Tinggi puncak Salak I 2.211 mdpl dan Salak II 2.180 mdpl.
Awalnya hari selasa malem gue liat diTL ada famplet acara kartiinian "Operasi Bersih dan tanam 1000 pohon di TNGHS bersama Srikandi - srikandi Indonesia 20-21 April 2013" yang diadain oleh Yayasan Hijau Indonesia (YHESINDO), pas diliat ternyata besok terakhir pendaftaran dan transfer biaya pendaftaran.
Gue tertarik ikut, karena lagi ngga ada aktivitas, belum sibuk, nyari temen baru dan pengalaman yang beda dari biasanya. Ya biasanya gue klo pergi - pergi pasti bareng ama orang - orang yang udah gue kenal, tapi sekarang sendiri.

Gue langsung ngehubungin CP yang ada disitu, ada banyak CPnya tapi gue hubungin ga ada yang nyambung, dalam hati yah gagal deh mau ikutan kartinian. Eh beberapa lama baru dibales, dan gue boleh telat bayarnya asal pasti ikut dan gue pun meng-iya-kan.
Akhirnya gue minta Pin pantianya, dan terus gue invite.. ternyata eh ternyata Panitianya cowo, gue kira yg ikut acara cewe smua, abisnya ada tulisan women only *tutupmata*
Mas Hendy bbm klo formulirnya udah dikirim via email, pas gue Liat ternyata formulirnya bentuknya pendaftaran buat Organisasi ato komunitas *tutupmata lagi*
gue bingung deh, ada barang bawaan kelompok, sedangkan gue ngikutnya sendirian dan equipnya ga lengkap. Malemnya gue ditelpon katanya gapapa, dan santai aja.. yudh gue jd ikut.
Dari panitia gue dikasi nomer peserta opsih yang dari bogor, elsa namanya biar berangkatnya bareng, yang laen kan dari jakarta. Gue pun langsung sms elsa dan sepakat hari sabtu janjian diperempatan Ciawi jam setengah 9an.

Hari sabtu jam setengah 9 kurang gue nyampe di Ciawi, udah jam 9 elsa belum dateng. yang baru dateng faris sama adnan, gue mikir lha ko cowo. akhirnya jam 10an baru pada ngumpul semuja peserta dari bogor, ber15 orang.
Nunggu jemputan yang dari jakarta belum dateng - dateng, telpon gue pun bunyi dan ternyata dari si mas Hendy, bilang klo udah masuk tol Ciawi. Jam 12 baru deh rombongan dari jakarta dateng dan jemput kita. ternyata banyak juga yang ikut ada 4 dalmas, dan kami naik didalmas A. Ketemu deh ama panitianya..

Perjalanan ke TNGHS kami melalui jalan Cidahu dan suasana saaat itu adalam Maceeeeeeet pake banget, akhirnya gue memutuskan buat tidur aja.
jam 2an kami udah nyampe di Bumi Perkemahan TNGHS, dan udara disini Sejuuuuuuk... suka :D
Langsung ngediriin tenda dan gue Nebeng tendanya tim elsa, 1 Tenda ber8 orang yang aturan 4 orang, ya gue, elsa, ratih, mumu, adnan , faris, dean dan zenal. Gue bareng ABG Hahaha... akhirnya cwo - cowo tidurnya diluar bikin bivak. Cuacanya bagus pake banget cerah ga pake mendung - mendung. Udah khawatir aja bakalan ujan. Setelah tenda jadi waktunya makan. Abis itu dilanjutin ama acara games ampe jam 5an, yang sebelumnya peserta dibagi kelompok perempuan ama perempuan dan laki - laki sama laki - laki oleh panitia dan gue masuk ke kelompok 6 yang beranggotakan 8 orang ada Milda, Mutia, Susi, Zahra, Ayu, Nurul dan easy. Dari jam 5 ampe jam 8 acara bebas. Jam 7 kami ngumpul lagi dan ternyata kedatangan tamu Bunda Ulli Hary Rusady, Wanita pelopor yang gemar berpetualang dan pengabdiannya ke alam. selama 2 jam bareng bunda Ulli banyak banget ilmu n cerita pengalaman beliau yang keren dan seru, kamipun diajak bernyanyi bersama. Ah suka moment ini, dialam bebas nyanyi - nyanyi bareng. dan waktunya tidur.

Jam 6 keesokan harinya kami melakukan pemanasan sebelium trekking ke kawah, dan setelah itu jam setengah 8 kami melakukan upacara kartinian dengan menggunakan baju kebaya untuk wanita dan batik untuk laki - laki. Upacara ini diikuti oleh peserta, panitia dan volunteer  85 TNGP.
Milda, Mutia, Susi
Susi, Mutia , gue
Upacara selesai kamipun bersiap -siap untuk melakukan Operasi bersis TNGHS, untuk titik pemungutan sampah kami dibagi mejadi 3 gelombang pemberangkatan dengan titik yang berbeda . Gel. 1 di Kawah, Gel.2 di Geothermal dan Gel. 3 di Simpang Kawah. Aku sendiri kebagian di Gelombang 3 dan berangkat terakhir, sambil nunggu berangkat kamipun bernarsis - narsis ria :p, check this out

team opsih Simpang Kawah
Setelah 20 menit menunggu akhirnya tiba untuk team 3 berangkat, dengan menggunakan dalmas kami diantar sampai batas pendakian . Sampailah digerbang Pos Pendakian Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Jalur Cidahu ini jalur yang paling dekat jika ingin mendaki ke puncak salak. Perjalanan menuju simpang kawah kira - kira 1 jam ga pake ngebut, Jalannya pun tidak begitu rumit, dan curam. tapi harus tetap hati - hati karena jalanan yang licin dan disamping kiri jurang. Gue bawa ransel yang isinya air minum, makanan dan jas ujan team gue. ya itung - itung latihan.
 Setengah perjalanan cuaca sudah mulai mendung, dan kabut sudah mulai turun. Dengan diLeaderkan oleh bang Badru dan sweepernya bang Parit kami sampai di Simpang Kawah dengan selamat. Simpang Kawah ini merupakan per3an antara jalur ke kawah, jalur ke puncak salak I dan jalur pulang ke pos Cidahu. Kami bergegas mengambil Trash bag dan mulai memungut sampah - sampah yang ada di area simpang kawah. Sungguh Miris melihatnya, yang datang kesini dan kemah notabennya pecinta alam, tapi sungguh disayangkan jika mereka ga sadar dengan sampah yang dibawanya.
Bukannya dibawa pulang malah dibuang seenaknya, klo seperti itu lebih baik ngga usah naik gunung yang ada cuma membuatnya jadi kotor. Klo seperti itu ga pantes juga dibilang pecinta alam, pantesnya dibilang penikmat alam kalau ga peduli ama lingkungan juga #IMHO.

Setengah jam berlalu dan trash bag kami sudah sudah penuh dengan sampah, perjanjiannya kalau kami punya waktu lebih kami boleh melanjutkan perjalanan ke kawah. Gerimis udah mulai Turun tapi tidak mematahkan semangat kami untuk melanjutkan perjalanan, meskipun ada beberapa orang yang tidak ikut dan memilih menunggu diSimpang kawah. Gerimis pun semakin besar gue mulai mengeluarka jas hujan dan memaikannya. perjalanan ke kawah kurang lebih setengah jam dari simpang kawah. Ditengah perjalanan kamipun bertemu dengan team lain.

persimpangan antara kawah ratu, puncak dan jalan kembali

Sampai juga di Kawah Ratuuuuuuuu.......
dan pemandangannya masih tetep keren, sama kaya 6 tahun yang lalu pas gue kesini, ah tiba - tiba rindu masa itu :(

Puas berfoto - foto dan maskeran kami pun melanjutakan perjalanan pulang ke Simpang kawah untuk membawa harata karun kami (red. Trash bag), dan sempet bingung bawanya gimana. tapi untungnya bisa dibawa. Pas banget nyampe Pos pertama Hujan Lebat Turun, kami yang terakhir sampai akhirnya terjebak hujan. untung ada warung kami peserta + panitia berteduh desek - desekan. Ga beberapa lama jemputanpun datang dan membawa kami ke base camp. Sampai base camp hujan sudah sedikit reda, dan gue pun langsung ganti baju. Packing bongkar tenda. Jam 7 kurang 10 kami baru turun dari Cidahu... Waktunya pulang ke rumah masing - masing.

Thanks YHSESINDO for a nice camp and kartini day'snya..
Thanks H
Sayonara....

Salam Lestari :*
Jangan buang sampah sembarangan ya guys...