Labels

Absurd (5) Anything (3) Interest (4) Just saying (11) My Peak (13) Puisi (2) Travelling (17)

Saturday, February 16, 2013

Sleep Paralysis atau apa? ~

Pernah ga ngerasa waktu tidur tiba - tiba badan terasa sangat berat dan ga bisa digerakin? gue pernah.. sering malah dan ini buat gue ngarasa keganggu dan takut.

Banyak nama untuk menyebutkan kejadian ini, tindihan, reprepan dalam bahasa sunda, dan sleep paralysis dalam bahasa saintis

Kejadian ini ga hanya sekali atau 2 kali tapi sering, sampe - sampe  gue takut buat tidur.
Awalnya gue ngalamin kejadian ini ketika gue masih SMA,
ceritanya gue lagi tidur dikamar tiba - tiba gue bangun, settingan ruangan persis sama kaya gue tidur. Saat nyoba buat ngegerakin badan ga bisa sama sekali, bahkan buat ngegerakin jari aja ga bisa, akhirnya gue mencoba buat teriak, berharap ibu atau kakak - kakak   gue denger dan cepet nolongin, tapi ternyata buat ngucapin 1 katapun gue ga bisa. gue terus berusaha buat bergerak, tiba - tiba gue liat anak kecil dateng nyamperin gue, ga serem tapi.. gue cuma bisa heran dan baca doa - doa yang gue inget, dia ngedeketin gue dan megang perut gue, akhirnya dengan usaha yang keras gue berusaha nyingkirin tangannya dari perut gue dan berhasil, gue ngerasa tangannya begitu dingin... entah ini nyata atau ngga, saking takutnya gue tetep baca - baca dan akhirmya gue bangun dan bisa bergerak. Bangun - bangun badan jadi kerasa ga enak, keringetan dan capek luar biasa.

Sebelumnya gue udah ngalamin hal  yang mirip kaya gini, ga bisa bergerak, entah itu mimpi atau bukan... settingan tempatnya persis sama dengan kenyataan, tapi gue ga inget detailnya, yg paling gue inget ya yang cerita diatas, saking seremnya. Setelah kejadian itupun gue masih tetep ngalamin reprepan. Macem - macem kejaidiannya.. dari denger suara - suara bahkan berasa ngeliat wujud yang nindihin, ngerasa roh mau dibawa entah kemana dan bikin gue takut.

gue penasaran dengan apa yang gue alamin saat tidur, cerita ketemen - temen dan nanya apa mereka pernah ngerasain kejadian itu dan jawabannya ngga, sempet searching - searching dan akhirnya gue dapet klo kejadian yg gue alami itu disebut Sleep Paralysis dan berdasarkan artikel yang gue baca itu hanya halusinasi, entahlah... gue masih bingung.
ini kutipan dari salah satu artikel...
"Sleep Paralysis (SP) terjadi ketika seseorang mempunyai masalah dengan otak seperti stress, lelah, atau insomnia, otak akan bekerja dengan tidak baik sehingga tahap tidur akan kacau dan yang terjadi pada penderita SP adalah ketika memasuki tahap tidur ringan -- ketika masih setengah sadar dan masih mengira dirinya masih terjaga-- kemudian langsung melompat ke tahap tidur REM (rapid eye movement). Seperti yang kita tahu, di tahap mimpi selalu terjadi adanya bayangan-bayangan, entah seseorang, orang asing, atau bahkan sosok aneh. Jadi, ketika memasuki tahap REM, kita seperti melihat sosok bayangan di hadapan kita atau bahkan menindihi kita, yang sebenarnya halusinasi kita yang dibuat oleh otak untuk mimpi kita"
akhirnya gue melakukan riset kecil - kecilan, setiap abis reprepan gue inget - inget kejadian sebelum gue tidur, hasilnya :
1. gue ngalamin reprepan karena gue lupa baca doa sebelum tidur
2. gue mulai bisa tau gejala - gejala klo gue udah mau kena reprepan, dipikiran itu terasa ada 2 pikiran, halah.. gue jd bingung ngejelasinnya.. intinya ada 2 pikiran antara pikiran gue dan entah siapa satu lagi, yang muncul bergantian, dan rasa ngantuk yang sangat padahal mata ga mau merem.

untuk hasil yang kedua gue masi ga bisa ngontrol, karena setiap gue ngeh ini pasti mau reprepan tetep aja gue tidur dan akhirnya ngalamin kejadian aneh itu. Jadi gue lebih milih untuk ga akan pernah lupa baca doa sebelum tidur.

jangan lupa baca doa sebelum tidur yah...

just share my story.. :)




No comments:

Post a Comment